Selamat datang di IT-PLN

Institut Teknologi Perusahaan Listirik Negara / Institut Teknologi PLN

Kami berdiri dari tahun 1998 dengan nama Sekolah Tinggi Teknik – PLN (STT-PLN) pada tanggal 31 Januari 2020 secara resmi sesuai SK Mendikbud Nomor:181/M/2020 berubah menjadi Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara atau disebuat dengan Institut Teknologi – PLN (IT-PLN).

Tujuan didirikan kampus ini membentuk wadah bagi para pakar PLN secara khusus dan Praktisi dibidang Energi untuk mentransfer ilmunya kepada generasi penerus. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan energi listrik, pembangkit listrik skala besar menggunakan bahan bakar minyak, batubara dan gas juga mulai dibangun. Demikian pula Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP). Pertumbuhan permintaan yang sangat cepat di Pulau Jawa mendorong kelahiran sistem interkoneksi Jawa – Bali dengan panjang sampai ribuan kilometer dan menggunakan tegangan ekstra tinggi 500 kV.

Dengan latar belakang tersebut diatas, maka tenaga terampil dari disiplin keteknikan Sipil, Elektro, Mesin dan Informatika sesuai kebutuhan dunia ketenaga listrikan , menjadi suatu kebutuhan baik rumah tangga dan Industru. Untuk itulah kami ada.