Alur Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru ITPLN

Alur Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru ITPLN

Berikut ini adalah alur pendaftaran untuk calon mahasiswa baru di ITPLN Jakarta Barat

1. Kunjungi Website infopmb.itpln.ac.id

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi website kami di infopmb.itpln.ac.id, jika kamu ke kampus kamu tetap akan diminta untuk masuk ke websitenya untuk melakukan pendaftaran.

2. Klik Tombol “DAFTAR SEKARANG”

Selanjutnya kamu bisa menekan tombol daftar sekarang pada banner yang ada pada halaman utama. Ataupun kamu bisa melakukan klik menu LOGIN.

3. Mengisi Form Pendaftaran Awal

Selanjutnya silakan mengisi form pendaftaran awal, dengan mengisi nama lengkap (huruf kapital), email, password dan nomor WA. Kemudian jangan lupa untuk menchecklist CAPTCHA dan klik tombol “DAFTAR SEKARANG”

4. Lakukan Verifikasi Akun Anda

Sebelum Anda melanjutkan pengisian data selanjutnya, Anda diharuskan untuk melakukan verifikasi Akun Anda. Anda dapat memilih verifikasi menggunakan email maupun SMS. Jika Anda memilih email, maka kami akan mengirimkan email ke email yang Anda isi pada halaman sebelumnya. Jika Anda memilih SMS, maka kami akan mengirimkan OTP (one time password) yang dapat Anda isi pada form yang telah disediakan.

5. Mengisi Form Kuisioner

Selanjutnya silakan mengisi form kuisioner. Pastikan Anda menjawab pertanyaan kuisioner dengan benar. Terutama pada pertanyaan nomor 3. Karena Anda berkesempatan mendapatkan beasiswa sesuai dengan jawaban yang Anda pilih pada pertanyaan Nomor 3 (Tiga)

6. Pilih Program yang Sesuai dengan Anda

Di ITPLN ada 2 (dua) program yang ditawarkan. Yaitu Reguler dan Kelas Karyawan.

Reguler merupakan program yang ditujukan untuk lulusan SMA/SMK sederajat yang baru lulus ataupun gapyear dan belum memiliki pengalaman bekerja sbg pegawai tetap.

Kelas karyawan merupakan program yang ditujukan untuk para pegawai maupun manager yang ingin meningkatkan jenjang pendidikannya. Dibuktikan dengan SK karyawan tetap maupun suket bekerja. Disarankan juga agar sudah memiliki izin dari atasannya untuk melanjutkan pendidikan.

7. Mengisi Data Biodata

Selanjutnya silakan mengisi data biodata seperti data pribadi, alamat, sekolah asal, orang tua sesuai dengan data sebenarnya.

8. Upload Berkas Wajib

Selanjutnya upload berkas yang wajib terlebih dahulu, pastikan berkasnya PUBLIC

  1. KTP
  2. KK
  3. Raport/ijasah

Berikut ini adalah tutorial untuk upload berkas: https://youtu.be/c4IuJzQ8OAI

9. Pilih Gelombang yang Aktif

Setelah mengisi seluruh data biodata dan berkas yang wajib. Silakan masuk ke menu “Pilih Gelombang”. Menu ini akan muncul jika data sudah diisi semua. Kemudikan pilih gelombang yang aktif dan klik tombol “DAFTAR”

10. Lakukan Pembayaran

Selanjutnya lakukan pembayaran formulir. Anda dapat memilih metode pembayaran seperti Bank, Mobile Apps, maupun di retail seperti Alfamaret dan Indomart.

11. Bukti Peserta Seleksi

Anda dapat melihat bukti Anda akan mengikuti seleksi pada menu Pengumuman, lalu klik tombol “CETAK KARTU PESERTA”.

12. Tunggu Pengumuman

Terakhir setelah seleksi selesai dilakukan, maka kamu dapat melihat hasil pengumuman pada halaman Pengumuman, cek hasil pada tombol “LIHAT HASIL SELEKSI”. Anda dapat melihat pengumuman ini sesuai dengan jadwal pengumuman yang telah ditulis pada halaman pengumuman ini. Tanggal dan waktu pengumuman dapat berubah sewaktu-waktu jika proses seleksi memakan waktu lebih lama. Ataupun bisa dipercepat jika proses seleksi lebih cepat.